Monday, August 8, 2016

DESA LARANGAN GLINTONG

DESA LARANGAN GLINTONG



Desa Larangan Glintong adalah desa yang terletak di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur. Jarak desa Larangan Glintong dari pusat kota Bangkalan kurang lebih 35 km. Luas daerah desa larangan glintong kurang lebih 5,9 km. Luas sawah sekitar 44,2 ha, tanah tegalan 465,6 ha dan lain-lainnya sekitar 34,6 ha. Larangan glintong sendiri terbagi atas 5 dusun dengan 6 RW dan 20 RT. Dimana 5 dusun tersebut yaitu Dusun Glintong Dhejeh, Dusun Batu Tempa, Dusun Lantong, Dusun Masaran dan Dusun Buddhegen. Desa Larangan Glintong dipimpin oleh Bapak Suhairi.

i
 
            Kehidupan sosial ekonomi Desa Larangan Glintong dapat dilihat dari pekerjaan umum penduduk yang rata-rata vadalah sebagai seorang petani. Kebanyakan dari penduduk memanfaatkan lahan dengan menanam padi, jangung, kacang tanah, singkong sebagai bahan pokok di desa larangan glintong. Dari sudut pandang kehidupan politik, Desa Larangan Glintong ini tergolong desa yang tidak berpanutan terhadap tokoh-tokoh masyarakat yang terdapat di desa ini.
Dari segi infrastruktur desa ini sudah tergolong maju. Hal ini berkaitan dengan fasilitas umum desa yang sudah terpenuhi. Dulu desa Larangan Glintong dikatakan sebagai desa yang tidak begitu maju namun dengan berkembangnya jaman dan diikuti oleh perkembangan masyarakatnya membuat desa Larang Glintong menjadi desa yang makmur. Hal tersebut terbukti dengan tersedianya fasilitas umum  seperti bangunan sekolah dasar yang layak dan masih bagus ada 2 sekolah, yaitu SDN Larangan Glitong 1 dan SDN Larangan Glintong 2. Meskipun tidak ada Sekolah Menengah Pertama di desa ini, namun akses untuk memperoleh pendidikan tersebut sangat mudah karena SMP Klampis tidak jauh dari desa Larangan Glitong.
Di desa larangan glintong untuk tingkat kesehatan masyarakat sudah cukup baik. Fasilitas kesehatan yang ada di desa larangan glintong sendiri hanya terdapat 3 posyandu yang terletak di dusun glintong dhejeh, Masaran dan Buddhagan. Namun, meskipun terdapat posyandu di dusun glintong dhejeh tenaga medis dibidang kesehatan yaitu bidan harus didatangkan terlebih dahulu apabila mayarakat membutuhkan bantuan bidan dari desa lain, karena bidan tersebut tidak menetap (tinggal) di larangan glintong.  
Hal ini menggambarkan bahwa desa ini sudah beranjak maju. Hanya saja tinggal bagaimana aparat-aparat desa dan orang yang berpengaruh di desa ini dapat menggerakkan lagi perekonomian desa. Sehingga tercipta kondisi yang nyaman bagi masyarakat dan ketidak seimbangan sosial berkurang di desa ini.

0 comments:

Post a Comment