Sosialisai ke-2 Inovasi Produk Kepeng serta cara pembuatan awal Kepeng

Agenda yang selanjutnya yaitu sosialisai inovasi produk Kepeng bersama ibu-ibu PKK. Sosialisasinya mulai dari awal pembuatan Kepeng hingga pengemasan Produk jadi.



Nahh yang pertama kita mengupas dulu singkongnya.


  Sambil nunggu selesai mengupas singkong siapkan bumbunya. Mulai bawang putih garam dan ketumbar lalu di ulek. Selanjutnya daun bawang dipotong potong.


 selanjutnya singkong yang udah dikupas dicuci dan kemudian direbus.

 setelah direbus, kita mulai proses penumbukan singkong disertai bumbunya dan daun bawangnya.


Akhirnya singkongnya sudah menjadi alus dan bisa melanjutkan proses pemipihan. Proses ini yang paling membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Karena singkong harus dipipihkan secara rata dan tipis. Nahh agar adonan tidak lengket pada alasnya, jangan lupa dikasih minyak goreng.







Dalam proses ini kayaknya ibu-ibu baru merasakan kesusahannya dari proses pembuatan kepeng.
setelah selesai dipipihkan kemudian dijemur hingga kering dan diptong-potong. Kemudian Kepeng yang sudah kering bisa digoreng. namun apinya jangan terlalu besar ya, yang sedang aja agar matengnya rata.




nah... gambar dibawah ini adalah kepeng yang sudah digoreng. yang biasa dinikmati masyarakat madura tanpa menggunakan rasa. yaaa bisa dibilang "Kepeng rasa original".


okey lanjut pada tujuan proker kita adalah inovasi kepeng. dimana kepeng yang biasanya dinikmati tanpa adanya rasa-rasa atau rasa original, sekarang kita ada ide baru bahwa menikmati kepeng dengan berbagai rasa, misalkan rasa balado, rasa keju dan sebagainya.







kemudian kepeng yang sudah dikasi rasa-rasa selanjutnya dikemas dengan plastik yang agak tebal dan dipress, serta dikasih stiker agar tampilan lebih menarik dan keren. hehehhe




No comments:

Post a Comment

z

INSTAGRAM FEED

@ElindaAriani

>